Cara Bermain I Love Coffee atau Memperoses Kopi! adalah artikel yang membahas tentang cara memproses kopi. Meskipun ada beberapa jenis kopi, kebanyakan kopi dibuat dari biji atau kacang baik Coffea arabica (kopi Arabika) atau Coffea canephora (kopi Robusta). Pohon Arabica biasanya menghasilkan buah 8-15 mm diameter, dan Robusta menghasilkan buah sekitar 10 mm. Secara komersial, Robusta dianggap memiliki kualitas rendah untuk kopi Arabika dan digunakan terutama sebagai pengisi dalam campuran kopi instan.

Buah kopi dipetik ketika mereka matang menjadi warna merah tua yang terang, meskipun ada beberapa kultivar yang matang hingga warna kuning. Kopi atau ‘kacang hijau’ terletak di dalam buah, dan dikelilingi oleh membran perkamen, kulit atau lendir dan kulit luar. Berikut Cara Bermain I Love Coffee atau Memperoses Kopi!

Cara Bermain I Love Coffee atau Memperoses Kopi!

Pulping

Langkah ini melibatkan pengangkatan kulit dan pulpa, dan harus dilakukan sesegera mungkin setelah panen, tentu dalam 24 jam. Hal ini diperlukan untuk menghapus semua buah kering hijau matang dan hitam matang sebelum pulping, karena ini akan mengurangi kualitas kopi. Sambil minum coffe yuk bermain game di tembak ikan joker123 sekarang.

Fermentasi

Fermentasi oleh enzim alami memecah lendir yang tidak larut di sekitar lapisan perkamen, yaitu lapisan licin yang dapat Anda rasakan dengan jari-jari Anda. Tempatkan biji kopi ke dalam ember plastik untuk menghindari efek zat besi pada kualitas dan tambahkan air untuk menutup kacang. Fermentasi dapat selesai dalam 18-24 jam, tergantung pada suhu sekitarnya.

Pengeringan

Biji kopi harus dikeringkan sebelum perkamen dapat dihilangkan dan kacang dipanggang. Metode pengeringan yang paling sederhana adalah pengeringan matahari. Alat bantu fisik seperti rak kawat pengeringan atau pendukung jala halus lainnya memungkinkan aliran udara dan meningkatkan pengeringan. Kacang harus tersebar di lapisan tipis tidak lebih dari 3 cm tebal, diaduk tiga kali sehari, dan terlindung dari cuaca hujan. Pengeringan dengan cara ini bisa memakan waktu 5-30 hari, tergantung pada cuaca.

Pengangkatan parchment (penggilingan)

Sebelum memanggang, keluarkan lapisan perkamen yang keras dari kacang. Tempatkan kacang, sejumlah kecil sekaligus, dalam food processor atau sejenis blender. Gunakan pisau plastik untuk menghindari memecah biji kopi. Blender dengan kecepatan rendah selama sekitar 30 detik untuk menghapus perkamen dari biji kopi. Kemudian gunakan pengering rambut atau peralatan yang serupa untuk menerbangkan perkamen ringan yang tidak diinginkan dari kacang.

Memanggang

Biji kopi hijau harus dipanggang untuk mengembangkan aroma dan rasa kopi khas. Selama pemanggangan, beberapa perubahan terjadi pada biji kopi. Ini termasuk hilangnya kelembaban, karamelisasi gula, perubahan warna dan peningkatan ukuran.

Grinding, menyimpan dan menyeduh

Biji kopi yang didinginkan kemudian dapat digiling sampai batas yang diinginkan. Ini ditentukan oleh jenis ekstraksi pembuatan kopi yang akan digunakan. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *